Barista dan Peluang Bisnis Warung Kopi

Usaha bisnis kopi bukakanlah barang baru bagi banyak masyarakat di tanah air. Warung kopi menjadi salah satu tempat pelarian orang-orang untuk menikmati secangkir kopi sambil menjalankan bisnis atau pun menyelesaikan tugas akhir bagi para mahasiswa. 

Barista dan Peluang Bisnis Warung Kopi


Hari ini peluang usaha kopi semakin menjanjikan, terbukti dengan banyaknya kemunculan warung-warung kopi baru hingga rumah kopi yang terlihat mewah lewat tampilan luarnya saja. Sayangnya, dibalik menjamurnya usaha kedai kopi ini, banyak bisnis yang masih kekurangan tangan-tangan terampil untuk meracik kopi yang bercita rasa tinggi.

Ramainya usaha bisnis kopi yang muncul hari ini memang berbanding terbalik dari jumlah barista di tengah masyarakat kita. Maka tak heran, jika hari ini sudah banyak pula orang-orang yang mengikuti kelas pelatihan barista. Jika tertarik, Anda bisa mengambil kelas online khusus barista lewat program kartu prakerja yang tentunya bisa Anda akses secara gratis dan tanpa biaya. Jika masih ragu untuk menggeluti bisnis barista ini, maka berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus serius dalam usaha bisnis kopi dan barista.

1. Indonesia Adalah Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Fakta yang satu ini tentu sudah tidak bisa diragukan lagi. Masyarakat Indonesia memang gemar menikmati kopi. Bahkan hampir setiap daerah di seluruh Indonesia memiliki kebun kopi dengan kualitas super dan rasa yang khas di tiap daerahnya. Tentu dengan fakta ini Anda tidak perlu modal yang banyak lagi dalam menjalankan usaha bisnis kopi. Terlebih jika Anda tinggal di wilayah penghasil kopi dan bisa Memulai Usaha Warung Kopi

2. Memiliki Pasar yang Luas dan Menjanjikan

Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang telah menjadi penikmat kopi ini sejak lama. Tak hanya di tanah air, para orang-orang luar pun juga gemar menikmati kopi dari Indonesia. Ciri khas dan cita rasa yang kuat menjadikan kopi sebagai minuman yang tidak akan pernah kehilangan penikmatnya. Hal ini menunjukkan jika bisnis kopi dan barista memang sangat menjanjikan. Anda bisa melihat di berbagai tempat di mana terdapat berbagai jenis kedai kopi hingga restoran mewah yang selalu menyajikan kopi sebagai menu andalan mereka. Peluang usaha ini bukan hanya dari kalangan orang tua saja, anak muda dan pekerja kantoran pun menjadi kalangan yang rutin menyeruput kopi setiap waktunya.

3. Banyak Dibutuhkan di Banyak Tempat

Menjadi barista bukan hanya sekedar mengaduk dan mencampur kopi dengan bahan lainnya saja. Untuk menjadi seorang barista maka Anda harus menguasai berbagai skill dalam meracik dan menyajikan kopi. Barista memang bukanlah profesi yang biasa saja seperti kelihatannya. Barista dituntut mampu menyajikan kopi dengan takaran yang pas serta suhu yang sesuai. Tak hanya itu, mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis kopi dan bahan-bahan dalam meracik kopi. Dibalik tampilan yang sederhananya, seorang barista adalah seorang ahli kopi yang sebenarnya karena mereka tidak hanya harus tahu meracik rasa dalam berbagai jenis kopi. Namun, mereka juga harus memiliki indra penciuman yang tajam agar mampu mengenali karakter dan aroma kopi.

Karena keistimewaan barista inilah maka banyak tempat membutuhkan mereka. Mulai dari kafe-kafe kecil hingga restoran-restoran besar membutuhkan keterampilan mereka untuk menciptakan kopi yang bercita rasa tinggi. Gaji barista professional memang sangat menggiurkan, oleh karena itu banyak orang yang mulai mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi. meskipun dengan biaya yang sangat tinggi. 

Belum ada Komentar untuk "Barista dan Peluang Bisnis Warung Kopi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel