Pengertian Kemasan

Pengertian kemasan atau sering juga disebut bungkus adalah wadah atau pembungkus suatu produk. Definisi kemasan lebih mengacu sebagai obyek fisik itu sendiri, misalnya karton, botol, kontainer atau bungkus.

Istilah "kemasan" merupakan kata benda suatu obyek. Sedangkan ”mengemas” dan "pengemasan" merupakan kata kerja yang mencerminkan sifat medium yang selalu berubah.

Kemasan, Mengemas dan Pengemasan

Kemasan telah dikenal sejak di zaman purbakala sedangkan budaya pengemasan telah dimulai sejak manusia mengenal sistem penyimpanan bahan makanan dalam kehidupan mereka. Sistem penyimpanan bahan makanan secara tradisional diawali dengan memasukkan bahan makanan ke dalam suatu wadah yang ditemuinya.

Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, maka bahan kemasan telah terbuat dari kulit, kain, kayu, batu, keramik, dan kaca, tetapi masih bersifat sederhana terkesan apa adanya.

Kemasan ini lebih berfungsi untuk melindungi makanan atau barang dari pengaruh cuaca atau proses alam lainnya yang merusak barang itu, selain berfungsi sebagai wadah agar barang tersebut dapat mudah dibawa dalam perjalanan.

Dengan semakin majunya teknologi yang dikuasai manusia, teknik pengemasan juga berkembang pesat. Bahkan, pengemasan telah menjadi salah satu cabang ilmu dalam teknologi produksi, dimana teknik pengemasan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari teknologi manufaktur (produksi) barang dan jasa.



Pengertian Kemasan

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kemasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel